TINGKATKAN PERLUASAN AKSES KEUANGAN, TPAKD DIY LAUNCHING WEBSITE KUR.JOGJAPROV.GO.ID

24-Mar-2022 - Sosialisasi KUR


SIARAN PERS

SP 1/KOYK/OJK/III/2022


TINGKATKAN PERLUASAN AKSES KEUANGAN, TPAKD DIY LAUNCHING WEBSITE KUR.JOGJAPROV.GO.ID



Yogyakarta, 23 Maret 2022. Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Daerah Istimewa Yogyakarta melaunching secara resmi website kur.jogjaprov.go.id dalam rangka mendukung akselerasi perluasan akses keuangan kepada masyarakat melalui penyaluran KUR kepada sektor produktif khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Prosesi launching dilaksanakan di Ruang Indraprastha, Kantor Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah DIY, Drs. Raden Kadarmanta Baskara Aji; Kepala OJK Daerah Istimewa Yogyakarta, Parjiman; Asisten Sekretaris Daerah DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Tri Saktiyana, M.Si; Kepala OPD di wilayah DIY, lembaga jasa keuangan, akademisi, dan pihak terkait lainnya.


Website kur.jogjaprov.go.id merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada perbankan. Hal ini adalah salah satu upaya TPAKD DIY untuk mendukung perluasan akses keuangan kepada masyarakat. Harapannya setelah diluncurkan, website kur.jogjaprov.go.id dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan pembiayaan produktif bagi usahanya guna mendukung pemulihan ekonomi daerah” kata Kepala OJK Daerah Istimewa Yogyakarta, Parjiman.


Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah DIY, Drs. Raden Kadarmanta Baskara Aji juga menyampaikan apresiasi terhadap inisiasi pembuatan website kur.jogjaprov.go.id serta menekankan bahwa TPAKD DIY perlu membangun sinergitas yang berkesinambungan dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga jasa keuangan, swasta dan masyarakat dalam rangka menciptakan program kerja yang inovatif terkait dengan perluasan akses keuangan guna menjembatani kesenjangan akses keuangan serta memudahkan masyarakat dalam memperoleh akses pembiayaan dan permodalan.


Acara kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan Rapat Pleno TPAKD DIY Semester 1 Tahun 2022 yang dipimpin oleh Asisten Sekretaris Daerah DIY Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Tri Saktiyana, M.Si dengan agenda pembahasan berupa evaluasi terhadap implementasi program kerja TPAKD DIY selama tahun 2021 serta penetapan program kerja TPAKD DIY pada tahun 2022.


Adapun program kerja TPAKD DIY selama tahun 2022 diantaranya adalah business matching penguatan ekosistem ekonomi dan keuangan digital sebagai program unggulan, optimalisasi produk dan layanan keuangan melalui Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (K/PMR) dengan penyaluran Kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah (PEDE) oleh PT BPD DIY, program penguatan infrastruktur dan akses keuangan melalui website kur.jogjaprov.go.id serta inisiasi pembentukan kampung digital, program lingkup sekolah berbudaya menabung dan wirausaha (Lilah Dana dan Usaha) serta program asistensi dan pendampingan berupa penumbuhan ekonomi melalui penguatan kapasitas kelembagaan sebagai program tematik.


Selanjutnya, kehadiran TPAKD ke depan diharapkan dapat menjadi akselerator dalam rangka mendorong ketersediaan dan pemanfaatan akses keuangan formal sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masyarakat di daerah guna pemerataan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

***

Informasi lebih lanjut:

Kantor OJK Daerah Istimewa Yogyakarta

Telp. (0274) 4605790